KALTIMNEWS.CO, Jakarta -- Pemerintah akhirnya menetapkan iuran peserta mandiri kelas III Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan naik mulai awal 2021. Sebelumnya iuran kelas I dan II telah lebih dulu dinaikkan sejak Juli 2020.
Kenaikan itu, ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo melalui Peraturan Presiden (Perpres) 64/2020 tentang Jaminan Kesehatan. Dalam perpres dituliskan, mulai 1 Januari 2021 subsidi dikurangi menjadi Rp7.000, sehingga peserta kelas III BPJS Kesehatan harus membayar iuran Rp35.000 setiap bulannya.
Berikut daftar lengkap iuran BPJS Kesehatan yang berlaku mulai 2021:
Peserta Mandiri atau Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) dan Bukan Pekerja (BP)
- Kelas I: Rp150.000
- Kelas II: Rp100.000
- Kelas III: Rp35.000
Pekerja Penerima Upah (PPU) atau karyawan
- Pekerja membayar iuran 1 persen dari total gajinya
- Pemberi kerja/perusahaan membayar iuran 4 persen dari total gaji pekerja/karyawan
- Batas atas/gaji maksimal yang diperhitungkan Rp12 juta
Penerima Bantuan Iuran (PBI)
-Iuran dibayarkan oleh pemerintah senilai Rp42.000